Fajarnews.com

Hulu Migas Untuk Negeri

Feature

Menebar Harapan di Kampung Nelayan

-
Kapal nelayan berjajar di sepanjang muara sungai Desa Ciparage, Kabupaten Karawang. PHE ONWJ beserta dinas terkait pada Jumat, 12 Desember 2014 menyerahkan bantuan PAS Kecil, surat kelengkapan kapal, kepada 1,215 nelayan di Karawang, sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah memerangi ille

Emong termasuk salah satu nelayan di Kabupaten Karawang yang mendapatkan bantuan dari Pertamina Hulu Energi Offshore Northwest Java (PHE ONWJ) yang bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan, serta Dinas Perhubungan Daerah memfasilitasi pembuatan surat kelengkapan kapal, Pas Kecil, untuk perahu di bawah 5 GT (gross tonnage) bagi lebih dari 1,000 nelayan di perairan Karawang.

 

PHE ONWJ merupakan salah satu kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) yang mengoperasikan proyek hulu migas milik pemerintah Republik Indonesia. Dalam melakukan kegiatannya, PHE ONWJ bekerja di bawah pengawasan SKK Migas.

 

Bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap langkah pemerintah memberantas penangkapan ikan secara ilegal. Dengan kepemilikan Pas Kecil, secara resmi nelayan diperbolehkan untuk menangkap ikan di seluruh perairan Indonesia.

 

Emong yang sejak 10 tahun terakhir berprofesi sebagai nelayan sebenarnya sudah sejak lama tahu bahwa Pas Kecil diwajibkan oleh pemerintah sebagai surat tanda kepemilikan perahu yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Daerah, khusus untuk perahu dan kapal, sama seperti halnya STNK untuk kendaraan bermotor. Namun, karena ketidaktahuan prosedur yang harus dijalani dan juga keterbatasan dana, Emong urung mendaftar.

 

Demikian juga Ohan, nelayan berusia 35 tahun dari Muara itu sudah lebih dari 10 tahun berprofesi sebagai nelayan tanpa memiliki Pas Kecil. Risikonya, Emong dan Ohan harus melaut secara sembunyi-sembunyi menghindar dari kejaran petugas.

 

Emong, Ohan dan 1,215 nelayan lainnya di Kabupaten Karawang akhirnya lega, saat PHE ONWJ mengadakan program bantuan pengadaan Pas Kecil. PHE ONWJ mensosialisasikan program ke seluruh KUD atau muara tempat berlabuhnya kapal nelayan di pesisir Karawang, selain itu melakukan pendataan nelayan bersama dinas perikanan & kelauatan sebagai dasar pengajuan ke dinas perhubungan.

 

“Pengadaan plat nomor kapal juga merupakan kontribusi dari PHE ONWJ dan plat sosialisasi agar tidak mendekat area berbahaya PHE ONWJ yang berada di laut utara jawa barat,” tutur Community Development Team Leader Agus Sudaryanto.

 

Agus menambahkan program ini baru pertama kali dilaksanakan dan diharapkan bisa menjadi proyek percontohan untuk daerah lainnya. Selain sebagai surat ijin menangkap ikan, Pas Kecil juga diharapkan bisa menjadi agunan untuk mendapatkan bantuan kredit permodalan nelayan dari perbankan. “Kami berharap para nelayan ini terhindar dari jerat hutang renternir atau tengkulak,” kata Agus.

 

Agus menjabarkan, program ini membawa manfaat yang besar bagi operasi PHE ONWJ, yakni sebagai sarana sosialisasi kepada nelayan agar tidak mendekat di bawah 500 meter dari anjungan PHE ONWJ.

 

Penyerahan Pas Kecil dilaksanakan di Alun-alun Karang Pawitan Karawang secara simbolis kepada 50 nelayan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana, Sekda Karawang, Kepala Dinas Perikanan Karawang, Kepala Dinas Perhubungan Karawang, Danlanal Cirebon, Polaires Karawang, dan muspida seluruh Kabupaten Karawang.

 

Cellica menyatakan kebanggaannya karena di seluruh  perairan Jawa Barat, baru nelayan kecil di Karawang yang memiliki kelengkapan Pas Kecil secara serentak. Dia berharap bantuan PHE ONWJ terhadap nelayan akan terus berlanjut.

 

“Dari 1,215 permohonan pembuatan Pas Kecil, terdapat 1,148 Pas Kecil yang berhasil diterbitkan karena memiliki kelengkapan surat. Nelayan harus ingat untuk memperpanjang surat ini dalam kurun waktu satu tahun,” kata Cellica.

 

Dengan bantuan tersebut, kini Emong, Ohan dan nelayan lainnya di Kabupaten Karawang bisa melaut dengan tenang.