Fajarnews.com

Hulu Migas Untuk Negeri

Feature

CNOOC SES Ltd Peduli Masyarakat Pesisir

-
Bantuan komputer multimedia di SMP PGRI 1 Labuhan Maringgai, Desa Banda Negeri, Lampung Timur

LAMPUNGTIMUR – Kecamatan Labuhan Maringgai merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lampung Timur, Propinsi Lampung.Luas Kecamatan : 14.261 Ha, (142,61Km2), jumlah penduduk 70.063  jiwa, 17.902 KK,  terdiridari 11 (sebelas) desabinaan, dimana 7(tujuh) diantaranya adalah desa pesisir. Jumlah sekolah terdiri dari PAUD/TK/RA: 75 sekolah, SD/MI: 35 sekolah, SLTP/MTs : 15 sekolah, dan SLTA/MA : 6 sekolah. Penduduk Kecamatan Labuhan Maringgai banyak juga yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik di daerah sendiri maupun keluar daerah.

Seperti halnya kecamatan lain di kecamatan ini terdapat sarana dan prasarana di bidang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Seiring dengan berjalannya waktu, sarana dan prasarana di bidang pendidikan tersebut banyak yang mengalami kerusakan baik berat maupun ringan maka diperlukan perawatan dan perbaikan pada bangunan fisiknya.

’’Perbaikan sarana dan prasarana diperlukan mengingat kondisi bangunan yang kurang baik dapat mengganggu proses belajar mengajar di sekolah, sebenarnya Pemerintah dalam hal ini Pemda Lampung Timur telah banyak menganggarkan dana perbaikan gedung maupun bangunan baru, akan tetapi masih ada juga bangunan sekolah memerlukan bantuan dari pihak lain’’ ungkap Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Labuhan Maringgai, Cen Suatman, S.Sos.

            Hal serupa disampaikan Kepala Sekolah SMP PGRI, Nanang Wahono, S.Pd..’’Bantuan yang kami butuhkan saat ini adalah bantuan yang mampu mengembalikan fungsi sekolah, seperti renovasi gedung, perpustakaan, laboratorium, sertasarana dan prasarana lainnya. Selain itu  disekolah pun masih menggunakan komputer yang hanya bisa untuk belajar pengetahuan dasar komputer saja”.

            Kepala Sekolah MTs Nurul Mubin, Ahmad Ardiyansyah, M.Pd.I. juga mengatakan tentang kondisi sekolahnya. ’’Dulu di sekolah saya kursi dan meja itu menjadi barang mewah, kondisi sekolah juga sangat mengkhawatirkan, karena selain dindingnya yang masih sederhana, kami juga mesti memanfaatkan ruang-ruang sekolah sederhana hasil swadaya masyarakat,’’ paparnya.

Dalam memberikan bantuan renovasi, baik itu bangunan ruang kelas, perpustakaan serta fasilitas lain, CNOOC SES Ltd melibatkan masyarakat dan komite sekolah.  CNOOC SES Ltd adalah salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi) yang menjadi operator di Blok South East Sumatera (SES). Wilayah operasi migas blok SES meliputi kawasan Kepulauan Seribu dan wilayah laut Lampung Timur.

            CNOOC kerap melakukan kegiatan CSR di sekitar wilayah operasinya. Beberapa kegiatan seperti pemberian tas sekolah dan alat tulis bagi siswa dan siswi berprestasi di sekolah yang berlokasi di Kecamatan Labuhan Maringgai kerap di lakukan.  Kegiatan lainnya adalah bantuan penyediaan komputer dan juga pembangunan ruang kelas.

Head of Community Relations CNOOC SES Ltd, Masyuti Yasin mengatakan bahwa untuk perbaikan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara Swakelola, dimana bantuan dana dan teknis dari CNOOC SES Ltd, sementara yang mengerjakan perbaikan adalah masyarakat yang tinggal di sekitar sekolah dan disupervisi oleh pihak komite sekolah dan pemerintah setempat. Perbaikan sarana dan prasarana yang sudah selesai diserahkan kepada pemerintah setempat selanjutnya diserahkan kepada pihak sekolah

-
Bangunan sekolah MTs. Nurul Mubin, Desa Margasari, Lampung Timur

“Alhamdulillah CNOOC SES Ltd memberikan bantuan renovasi gedung dan perpustakaan, sehingga kami bisa bernafas lebih lega. Selain itu bantuan komputer dan perangkat yang diberikan sudah memadai untuk siswa dan siswi kami dalam mengakses internet secara langsung tanpa menggunakan kabel, ’’ imbuh Kepala Sekolah SMP PGRI, Nanang Wahono, S.Pd. Sebelumnya kata dia, CNOOC juga memberikan bantuan untuk lima siswa berprestasi berupa tas dan alat tulis untuk tiap tingkatan kelas. ’’Pemberian bantuan ini sangat memotivasi siswa kami,’’ kata Nanang. Harapannya, kedepan CNOOC dapat memberikan bantuan lain untuk sekolahnya.

Apresiasi juga disampaikan Kepala Sekolah MTs Nurul Mubin, Ahmad Ardiyansyah, M.Pd.I. ’’Berkat bantuan dari CNOOC yang telah membantu pembangunan tiga ruang kelas, tas dan alat tulis kepada siswa dan siswi kami, sekarang kami tidak memungut biaya apapun untuk membeli kebutuhan alat tulis maupun seragam. Bahkan sekarang kami bisa mengajak anak-anak putus sekolah untuk melanjutkan sekolah lagi,”.

Sekretaris Kecamatan Labuhan Maringgai, Cen Suatman, S.Sos menambahkan, bantuan-bantuan CSR yang telah diberikan CNOOC selama ini antara lain, di bidang pendidikan seperti perbaikan sarana dan prasarana ruang belajar atau pembangunan ruang belajar, dan juga pemberian bantuan berupa beasiswa untuk siswa dan mahasiswa berprestasi, serta pemberian bantuan dalam bidang kesehatanya itu pengobatan gratis bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila). Harapan kami  agar program CSR-nya dapat terus dilakukan, sehingga dapat membantu Pemda Lampung Timur dalam percepatan pembangunan daerah khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan, agar masyarakat Kecamatan Labuhan Maringgai dapat hidup sehat dan mendapat pendidikan yang lebih baik.’’ tutup Sekcam Labuhan Maringgai tersebut.